Mengapa Masyarakat Praaksara Memilih Tinggal Di Gua?

Sistem sosial masa berburu dan meramu salah satunya ditunjukan dengan kehidupan tempat tinggal. Manusia praaksara pada masa itu menjadikan gua sebagai tempat tinggal karena beberapa alasan, di antaranya untuk melindungi diri dari serangan hewan buas, melindungi diri dari hujan, badai dan petir.
Selain gua, manusia purba juga memanfaatkan bentukan alam seperti lembah sungai dan kawasan karst pantai. Manusia praaksara pada masa itu juga menjadikan gua sebagai tempat tinggal untuk menghindari dari serangan hewan buas.

Mengapa masyarakat pada masa lalu tidak memilih gua secara acak?

“Masyarakat pada masa lalu tidak memilih gua secara acak. Mereka melihat sirkulasi udara, atau pun faktor kenyamanan,” katanya. Bagi Pindi, masyarakat penghuni gua yang diperkirakan menjejak Sulawesi sejak 40.000 tahun lalu sesuai hasil penanggalan, adalah masyarakat yang sama saja dengan manusia saat ini.

You might be interested:  Mengapa Sistem Operasi Dibutuhkan?

Mengapa manusia praaksara biasanya memilih bertempat tinggal di lembah atau sekitar aliran sungai?

Alasannya adalah karena SUNGAI adalah sumber kehidupan bagi mereka. Di sungai, manusia purba bisa mencari ikan dan kerang. Sungai juga menyediakan air yang melimpah. Kawasan lembah sungai juga menawarkan kesuburan tanah sehingga beragam tanaman mudah dijumpai.

Mengapa manusia praaksara pada masa mesolitikum memilih gua dan tepi pantai sebagai tempat tinggal?

Jawaban pendek: Manusia purba memilih gua sebagai tempat tinggal karena gua memberikan perlindungan bagi manusia purba dari cuaca dan juga dari binatang buas.

Mengapa manusia purba banyak tinggal di tepi sungai pantai dan gua?

Di samping itu, keberadaan aliran sungai membantu manusia purba bercocok tanam. Air sungai juga membantu tanah di daerah sekitarnya tidak kering dan dapat ditumbuhi bahan makanan, kendati lingkungan air payau dan air asin juga dapat ditumbuhi bahan makanan khas masing-masing.

Mengapa manusia zaman sejarah banyak tinggal di sekitar sungai?

Jawaban. alasan manusia purba tinggal di tepi sungai disebabkan oleh fungsi air yang merupakan kebutuhan pokok bagi makhluk hidup dan sumber kehidupan.

Mengapa manusia purba banyak ditemukan di Pinggran sungai *?

Manusia purba lebih banyak memilih tinggal di tepi sungai karena tepian sungai menyediakan air untuk minum dan sumber makanan bagi manusia purba. Penemuan fosil manusia purba banyak didapatkan di lembah aliran sungai, misalnya situs Sangiran di daerah aliran Bengawan Solo.

Mengapa masyarakat praaksara selalu berpindah-pindah dari suatu tempat ke tempat yang lain?

Penyebab manusia purba hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain adalah karena kehidupan masyarakatnya masih sangat sederhana karena kemampuannya terbatas. Manusia purba tidak punya kemampuan untuk menetap serta mengolah lahan untuk mendapatkan makanan.

You might be interested:  Mengapa Wilayah Arab Disebut Dengan Jazirah Arab?

Mengapa manusia purba hidup berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain?

Pola hunian pada masa manusia purba adalah bersifat atau berpindah-pindah. Hal tersebut dikarenakan manusia purba mencari daerah yang subur, tersedia bahan makanan, dan tersedia air.

Apa alasan bagi manusia untuk memilih bertempat tinggal di tepi pantai?

alasan manusia purba tinggal ditepi pantai adalah karena mereka bisa lebih mudah mendapatkan makanan ataupun bahan bahan yg mereka cari disana.

Mengapa mereka lebih memilih tempat tinggal di dataran rendah dan dekat dengan sumber air?

Manusia praaksara memilih tempat tinggal di daerah dataran rendah karena mudah mencari makanan, mudah mencari air, dan suhunya tidak terlalu tinggi sehingga nyaman untuk menjadi tempat tinggal.

Mengapa masyarakat pada masa lalu tidak memilih gua secara acak?

“Masyarakat pada masa lalu tidak memilih gua secara acak. Mereka melihat sirkulasi udara, atau pun faktor kenyamanan,” katanya. Bagi Pindi, masyarakat penghuni gua yang diperkirakan menjejak Sulawesi sejak 40.000 tahun lalu sesuai hasil penanggalan, adalah masyarakat yang sama saja dengan manusia saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector