Menurutmu Mengapa Keberagaman Di Indonesia Menjadi Kekayaan Sekaligus?

Kekayaan Indonesia yang Berlimpah Karena kekayaan ini, menjadi alasan mengapa terdapat keberagaman agama di Indonesia. Hal ini juga sehingga banyak pedagang yang datang ke Indonesia. Misalnya saja saja saat orang eropa yang tujuannya membeli rempah-rempah. Melalui itu juga, ikut menyebarkan agama kristen lewat semboyan Gold, Glory, and Gospel.
Pernyataan bahwa keberagaman Indonesia menjadi kekayaan adalah karena corak motif, konsep, budaya, nilai² yang terkandung pada keberagaman tersebut menjadi ciri khas bangsa Indonesia yang tidak ada di negara lain.

Contents

Apa yang dimaksud dengan keberagaman?

Pengertian keberagaman Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, pengertian keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. Perbedaan dapat terlihat dari suku bangsa, ras, agama, keyakinan, ideologi politik, sosial budaya dan ekonomi dan lainnya.

You might be interested:  Mengapa Disebut Dengan Zaman Logam?

Mengapa keberagaman masyarakat di Indonesia sangat beragam?

Secama umum, keberagaman masyarakat Indonesia dipengaruhi faktor alam, masyarakat dan individu. Kehidupan masyarakat di Indonesia yang sangat beragam disebabkan beberapa faktor penyebab antara lain: Berikut ini penjelasan masing-masing faktor penyebab keberagaman di Indonesia:

Apa yang menyebabkan keberagaman budaya di Indonesia?

Keberagaman budaya di Indonesia juga dipengaruhi oleh kondisi geografis yang ada. Dengan jumlah penduduk yang mencapai sekitar 200 juta orang lebih, penduduk Indonesia tersebar di masing-masing pulau dan mempunyai ciri khas budayanya sendiri. Warisan budaya yang berkembang di Indonesia, berasal dari berbagai macam etnis, suku,

Apakah keberagaman berkah untuk Indonesia?

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam suku bangsa yang mendiami pulau-pulau besar dan kecil. Sebagai bangsa majemuk yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa, keberagaman adalah berkah untuk Indonesia.

Mengapa keberagaman di Indonesia menjadi kekayaan sekaligus tantangan?

Kebhinekaan bangsa Indonesia juga merupakan sebuah tantangan bahkan ancaman, karena dengan adanya kebhinekaan tersebut mudah membuat penduduk Indonesia berbeda pendapat yang lepas kendali, mudah tumbuhnya perasaan kedaerah yang amat sempit yang sewaktu bisa menjadi ledakan yang akan mengancam integrasi nasional atau

Mengapa keragaman budaya itu merupakan tantangan sekaligus peluang bagi masyarakat Indonesia?

Jawaban. Jawaban: 1. Di sebut sebagai tantangan karena keberagaman merupakan perbedaan yg harus terus dijaga agar tetap berada dalam kebinekaan

Mengapa keberagaman yang ada di Indonesia justru menjadikan negara ini lebih kuat?

Jawaban: KERAGAMAN suku, bahasa, adat istiadat, dan kebudayaan menjadi kekuatan bagi Indonesia. Oleh sebab itu, menjaga eksistensi adat istiadat dan budaya secara tidak langsung juga ikut menjaga persatuan dan kesatuan nasional. ‘Bangsa ini kuat justru karena perbedaan yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Mengapa keberagaman dalam masyarakat Indonesia sangat penting untuk dipahami?

Jawaban: memahami keberagaman yang ada dalam masyarakat itu sangat penting karena sikap tersebut termasuk contoh sikap yang mencerminkan sikap cinta tanah air,dan dapat mempererat persatuan dan kesatuan suatu bangsa.

Mengapa bangsa Indonesia harus bangga terhadap banyaknya perbedaan?

Jawaban. Karena keanekaragaman Indonesia adalah suatu ciri khas dan kebanggaan Indonesia dimata bangsa asing.

You might be interested:  Readers ask: What Time Is It In Sanur Bali?

Apa pengaruh dari keberagaman masyarakat Indonesia terhadap pola perilaku bangsa Indonesia?

Pengaruh keberagaman masyarakat Indonesia terhadap pola perilaku bangsa Indonesia sangat signifikan di mana masyarakat mudah terpecah dengan isu-isu menyangkut agama, kebudayaan, ras dan lain sebagainya.

Faktor apa saja yang menyebabkan keragaman budaya di Indonesia?

Iklim di Indonesia

Kondisi iklim yang berbeda turut menjadi Penyebab keberagaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Bagi masyarakat yang tinggal di Indonesia bagian Barat, tentu berbeda dengan yang tinggal di bagian Timur. Musim hujan di wilayah barat Indonesia lebih teratur.

Bagaimana keragaman menjadi kekuatan dan kelemahan?

Jawaban. Jawaban: Jadi, keragaman dapat menjadi kekuatan apabila kita bersatu walaupun ada begitu banyak perbedaan. Sedangkan keragaman dapat menjadi kelemahan apabila kita tidak bersatu, seperti saling mengejek, bertengkar, dan bermusuhan.

Apakah dampak positif dari keberagaman masyarakat Indonesia?

Dampak positif keragaman yang ada Indonesia:

Keberagaman menjadi salah satu identitas bangsa yang membedakan dari bangsa lain di dunia. Keberagaman menjadikan interaksi di dalam masyarakat berjalan dinamis. Keberagaman menjadikan hidup sebuah bangsa jauh lebih berwarna apabila dibarengi dengan tolerasi.

Bagaimana sebaiknya menyikapi keragaman yang ada di Indonesia?

Cara menyikapi keberagaman adalah dengan menerapkan toleransi. Toleransi adalah cara menghargai dan menerima perbedaan atas berbagai perilaku, budaya, agama, dan ras yang ada di dunia ini. Toleransi adalah keniscayaan bagi bangsa majemuk dengan berbagai latar belakang suku, agama dan ras seperti Indonesia.

Mengapa keberagaman itu penting?

Keberagaman masyarakat indonesia adalah salah satu bentuk dari untuk memperkuat yang artinya persatuan dan kesatuan. Dimana, bisa juga diartikan walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu juga. 3. Bisa memberikan informasi dan saling berteman walaupun terdapat perbedaan.

Mengapa kita harus memahami keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika?

Jawaban. Karena dengan kita memahami keberagaman,maka dengan sendirinya rasa saling menghormati dan menghargai akan tercipta. Walaupun Indonesia mempunyai perbedaan hampir di segala bidang mulai dari perbedaan suku,agama,ras,adat istiadat,bahasa,mata pencaharian,dan lain sebagainya.

Apa saja faktor penyebab keberagaman yang ada di Indonesia?

Faktor Penyebab Keberagaman di Indonesia

  1. 1. Faktor Kondisi Geografis.
  2. 2. Faktor Sejarah.
  3. 3. Faktor Lingkungan Alam.
  4. 4. Faktor Transportasi dan Komunikasi.
  5. Faktor Perubahan Nilai dan Sikap.
  6. 6. Faktor Iklim.
  7. 7. Faktor Agama.
You might be interested:  Bahasa Bali Yang Kasar?

Mengapa keberagaman dapat menimbulkan berbagai permasalahan yang timbul di masyarakat?

Jawaban: Sebab masyarakatnya terdiri dari berbagai suku, ras, agama, budaya dan kebiasaan yang berbeda yg tdk mau menghargai keberagaman tersebut dan selalu menonjolkan budaya daerah nya sendiri sehingga menimbulkan perbedaan pendapat.

Apa saja dampak positif dari keberagaman masyarakat Indonesia?

Dampak positif keragaman yang ada Indonesia:

Keberagaman menjadi salah satu identitas bangsa yang membedakan dari bangsa lain di dunia. Keberagaman menjadikan interaksi di dalam masyarakat berjalan dinamis. Keberagaman menjadikan hidup sebuah bangsa jauh lebih berwarna apabila dibarengi dengan tolerasi.

Mengapa kita harus bersikap toleran terhadap keberagaman?

Karena sikap dan perilaku toleransi terhadap keberagaman masyarakat merupakan kunci untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan, serta mencegah proses perpecahan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

Mengapa keberagaman budaya Indonesia merupakan kekayaan yang menjadi kebanggaan?

Keragaman budaya Indonesia merupakan kekayaan yang menjadi kebanggaan. Pasalnya, keberagaman kebudayaan hanya Indonesia saja yang memiliki. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar dunia, memiliki banyak penduduk yang dominan beragama Islam. Selain itu, negara kepulauan ini mempunyai wilayah yang sebagian besar adalah perairan.

Apakah keberagaman berkah untuk Indonesia?

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam suku bangsa yang mendiami pulau-pulau besar dan kecil. Sebagai bangsa majemuk yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa, keberagaman adalah berkah untuk Indonesia.

Mengapa bangsa Indonesia lahir dari keberagaman?

Indonesia juga lahir dari keberagaman yang dibingkai dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Perbedaan ras, suku, budaya, bahasa dan agama menjadi simbol kekuatan sekaligus kekayaan yang sangat berharga bagi bangsa Indonesia untuk menjadi bangsa yang besar dan bermartabat di mata dunia.

Apa itu keberagaman sosial?

Keberagaman sosial ini antara lain dapat terlihat dari jenis pekerjaan atau mata pencaharian penduduknya. Jenis pekerjaan yang dilakukan oleh penduduk di suatu wilayah biasanya dipengaruhi oleh lingkungan alam di sekitarnya. 1. Perbedaan tingkat pendidikan pedesaan, mulai dari pendidikan rendah sampai dengan pendidikan tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector