Mengapa Supersemar Digolongkan Menjadi Fakta Lunak?

Contohnya peristiwa supersemar merupakan fakta lunak karena masih dalam perdebatan. Fakta keras adalah fakta – fakta yang biasanya sudah diterima sebagai sesuatu peristiwa yang benar, yang tidak lagi diperdebatkan.

Mengapa fakta sejarah disebut dengan fakta lunak?

Fakta lunak adalah fakta sejarah yang kebenarannya masih diragukan karena menimbulkan kerancuan dalam masyarakat dan kebenaran tersebut didasari pada sumber dan preferensi yang dipelajari. Contoh dari fakta lunak adalah dalang dari peristiwa G30S/PKI yang masih menimbulkan kerancuan dalam sejarah Indonesia.

Jelaskan apa itu fakta lunak dan contohnya?

Fakta Lunak maksudnya fakta yang masih bisa dipertanyakan kebenarannya dan masih ditembukannya sumber-sumber sejarah baru yang bisa mematahkan teori yang udah ada sebelumnya. Contohnya Peristiwa PKI siapa dalangnya masih belum jelas, Serangan Umum 1 Maret 1949, siapa penggagasnya kan masih belum jelas.

Apakah perbedaan antara fakta keras dan fakta lunak?

Fakta keras merupakan suatu informasi yang tidak bisa dibantah, artinya bahwa fakta itu adalah mutlak, contoh dari fakta keras adalah tahun kejadian, tokoh atau pelaku, sedangkan fakta lunak adalah suatu informasi yang masih dapat dibantah atau masih menimbulkan pertanyaan-pertanyaan baru sehingga informasi tersebut

You might be interested:  Often asked: Menggambarkan Cerita Apakah Tari Kecak Yang Berasal Dari Bali?

Jelaskan apa itu fakta keras dan fakta lunak dalam penulisan sejarah?

Pengertian fakta keras adalah fakta yang tidak dapat dibantah kebenarannya. Pengertian fakta lunak adalah fakta yang masih dapat dipertanyakan kebenarannya dan masih ditemukan sumber sumber baru yang dapat mematahkan teori yang sudah ada sebelumnya.

Apa perbedaan antara fakta mental dan fakta sosial?

Fakta mental adalah kondisi yang dapat menggambarkan suasana pikiran, perasaan batin, kerohanian dan sikap yang mendasari suatu karya cipta,sedangkan Fakta sosial adalah fakta sejarah yang berdimensi sosial, yakni kondisi yang mampu menggambarkan tentang keadaan sosial, suasana zaman dan sistem kemasyarakatan, misalnya

Apa yang dimaksud dengan fakta dan opini dan berikan contohnya?

Jawaban: Fakta merupakan suatu pernyataan yang sudah terbukti adanya berdasarkan data-data dan bukti. contoh: Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Sedangkan Opini merupakan suatu pernyataan yang berupa perkiraan atau pengutaraan pemikiran seseorang dan belum terbukti kebenarannya.

Apa saja fakta sosial?

Fakta sosial adalah seluruh cara bertindak, baku maupun tidak, yang dapat berlaku pada diri individu sebagai sebuah paksaan eksternal; atau bisa juga dikatakan bahwa fakta sosial adalah seluruh cara bertindak yang umum dipakai suatu masyarakat, dan pada saat yang sama keberadaannya terlepas dari manifestasi-manifestasi

Apa arti dari fakta sejarah?

Jawaban. adalah data sejarah yang telah dikritik dan diinterpretasikan oleh sejarawan. dimana hasilnya kemudian dijadikan dasar pemikiran menulis karaya sejarah

Di bawah ini manakah yang termasuk bukti sejarah?

Jawaban

  • adanya fosil, fosil fosil yang ditemukan para ahli dinamakan fosil pandu, fosil sisa sisa tumbuhan, hewan, manusia.
  • artefak, peninggalan masa lampau berupa alat kehidupan / hasil budaya yang terbuat dari batu, tulang, kayu, dan logam.
  • adanya prasasti.
  • You might be interested:  FAQ: What To Do In Bali Denpasar?

    Apa pengertian dari fakta keras?

    Fakta keras merupakan suatu informasi yang tidak bisa dibantah, artinya bahwa fakta itu adalah mutlak, contoh dari fakta keras adalah tahun kejadian, tokoh atau pelaku, sedangkan fakta lunak adalah suatu informasi yang masih dapat dibantah atau masih menimbulkan pertanyaan-pertanyaan baru sehingga informasi tersebut

    Apa yang dimaksud dengan fakta atau opini?

    Kalimat opini adalah kalimat yang di dalamnya mengandung pendapat, pandangan, dan anggapan. Sedangkan kalimat fakta adalah kalimat yang menyatakan tentang peristiwa atau kejadian nyata, tanpa dicampuri pendapat, dilansir dari ‘Modul Bahasa Indonesia kelas XII’ oleh Rahmat Hidayat.

    Jelaskan apa yang dimaksud dengan historiografi dalam sejarah?

    Historiografi selain dimengerti sebagai hasil karya sejarah dapat pula dijabarkan sebagai suatu proses penulisan sejarah. Pengertian yang prtama berkenaan dengan studi hasil tentang karya tulis sejarah. Studi ini padapokoknya mempelajari ciri-ciri dan kecendrungan dari materi yang ditulis.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Adblock
    detector