Mengapa Sinar Gamma Dapat Menyebabkan Mutasi?

Pembahasan. Sinar gamma merupakan salah satu jenis mutagen fisika. Mutagen dapat menyebabkan mutasi pada makhluk hidup. Sinar gamma terbentuk karena adanya proses nuklir, yang merupakan radiasi yang memiliki energi tinggi dan dapat mematikan sel dengan memutus ikatan fosfodiester pada DNA.

Apa itu mutasi dengan iradiasi sinar gama?

Induksi mutasi dengan iradiasi sinar gama dapat digunakan dalam pengembangan varietas unggul tanaman anyelir (Aisyah, et al., 2009), dan sorgum. Mutasi adalah perubahan materi genetik, yang merupakan sumber pokok dari semua keragaman genetik dan merupakan bagian dari fenomena alam (Aisyah, 2006).

Apa yang menyebabkan mutasi alam?

Jadi mutasi alam dapat disebabkan oleh tiga faktor: Biologi. contoh: virus. virus yang hidup di dalam sel hidup dapat mengubah susunan materi genetik inang dengan menyisipkan materi genetik virus.

You might be interested:  Mengapa Ibnu Hajar Bergabung Dengan Di Tii?

Mengapa sinar gamma tidak dapat ditemukan pada sembarang tempat?

Sinar gamma terbentuk karena adanya proses nuklir atau subatomic lainnya seperti penghancuran elektron-positron. Oleh karena itu sinar tersebut tidak dapat ditemukan pada sembarang tempat karena hanya dapat terjadi akibat proses nuklir dan subatomic lainnya, sinar ini dapat terbentuk saat : Ledakan bintang (supernova)

Apakah sinar gamma bisa menghambat pertumbuhan sel kanker?

Paparan sinar ini bisa menyebabkan kerusakan pada DNA sel kanker, sehingga menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Namun, penggunaan sinar gamma harus dilakukan secara hati-hati dan diarahkan dengan tepat ke area tubuh yang akan diobati. Bila tidak, sinar gamma juga bisa merusak sel tubuh yang sehat.

Bagaimana radiasi sinar gamma yang berenergi tinggi dapat menyebabkan mutasi pada molekul DNA?

Sinar γ dapat menyebabkan mutasi dengan cara jika suatu DNA terpapar maka DNA tersebut akan mengalami perubahan akibat radiasi sinar γ. Jenis mutasi tersebut dapat terjadi akibat delesi pada basa nitrogen atau mutasi subtitusi sehingga sinar γ ini mengakibatkan DNA sel rusak dan tak terkontrol.

Kenapa radiasi dapat menyebabkan mutasi gen?

Zat radioaktif dapat menyebabkan mutasi gen dengan mengikis komponen genetik, biasanya yang dirusak struktur geometrik molekulnya dari DNA ataupun RNA ataupun komponen genetik. Sehingga dapat menyebabkan mutasi.

Apa yang menyebabkan mutasi?

Penyebab mutasi disebut dengan mutagen (agen mutasi). Kebanyakan mutagen adalah bahan fisika, kimia atau biologi yang memiliki daya tembus yang kuat sehingga dapat mencapai bahan genetis dalam inti sel. Contohnya: zat radioaktif, zat kimia yang keras dan virus.

Mengapa sinar gamma banyak digunakan pada pemuliaan tanaman?

2.2 Pemuliaan tanaman melalui induksi mutasi

Diantara mutagen fisik yang ada, sinar gamma yang paling banyak digunakan karena memiliki energi dan daya tembus yang lebih tinggi. Energi dan daya tembus yang lebih tinggi dapat meningkatkan variabilitas genetik untuk menghasilkan mutan baru.

You might be interested:  Question: What Happened In Bali Ending?

Apa saja yang dapat menyebabkan mutasi pada DNA?

C. Jenis Mutasi

  1. Mutasi titik. Mutasi titik merupakan perubahan pada basa N dari DNA atau RNA.
  2. Mutasi Besar. Mutasi kromosom, sering juga disebut dengan mutasi besar atau aberasi kromosom merupakan perubahan jumlah kromosom dan susunan atau urutan gen dalam kromosom.
  3. 3. Aneuploidi.
  4. 4. Aneusomi.
  5. Mutasi Kromosom.

Bagaimana proses terjadinya mutasi gen dan mutasi kromosom?

Mutasi gen disebabkan oleh kesalahan replikasi DNA, penambahan metagen kimia, fisika, ataupun biologi. Sedangkan mutasi kromosom disebabkan oleh terjadinya duplikasi, inversi, penghapusan, penambahan, ataupun translokasi kromosom pada proses meiosis.

Apa yang dimaksud dengan mutasi dan jelaskan faktor penyebab terjadinya mutasi?

Mutasi adalah perubahan gen atau kromosom dari suatu individu yang bersifat menurun. Individu yang mengalami mutasi disebut dengan mutan, dan yang menyebabkan terjadinya mutasi disebut mutagen. Mutasi dapat dibagi menjadi beberapa macam yaitu mutasi gen dan mutasi kromosom.

Apa yang terjadi jika manusia terkena radiasi nuklir?

Orang yang terpapar radiasi nuklir akan merasakan sensasi kulit seperti sedang terbakar dan bisa menjadi kanker kulit. Radiasi nuklir juga dapat merusak sel-sel kulit di kepala yang bisa berakibat kerontokan pada rambut dan kebotakan permanen.

Apakah mutasi gen selalu berbahaya?

Jawabannya adalah tidak. Karena hanya sebagian kecil varian mutasi yang menyebabkan kelainan genetik—sebagian besar tidak berdampak pada kesehatan atau perkembangan.

Apa pengaruh mutasi pada manusia?

Dampak negatif mutasi antara lain berdampak bagi manusia, yaitu timbulnya penyakit seperti Sindrom Turner, Klinefelter, Sindrom Jacob, Sindrom Patau, Sindrom Edward, Metafemale, dan Anemia Sel Sabit.

Apa penyebab terjadinya mutasi pada kromosom?

Mutasi kromosom disebabkan faktor penyebab mutasi (mutagen).

Mutagen dibagi menjadi dua: Mutagen kimia, yaitu bahan kimia seperti kolkisin dan asam nitrit. Mutagen fisika, yaitu sinar radioaktif seperti sinar UV dan sinar X.

You might be interested:  Mengapa Laut Jepang Kaya Dengan Ikan?

Mengapa mutasi dapat menyebabkan variasi?

Mutasi juga menyebabkan terbentuknya variasi makhluk hidup. Karena mutasi menghasilkan fenotip baru yang berbeda pata tiap individu.

Apa manfaat dari sinar gamma?

Sinar gamma dapat digunakan sebagai radioterapi atau terapi radiasi untuk kanker. Paparan sinar ini bisa menyebabkan kerusakan pada DNA sel kanker, sehingga menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.

Apa dampak dari sinar gamma?

Sinar gamma dapat menembus tubuh manusia sepenuhnya, ketika sinar ini melewati tubuh, mereka dapat menyebabkan ionisasi yang merusak jaringan dan DNA.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan sinar gamma?

Sinar gamma adalah bentuk energi tertinggi di semesta. Radiasi elektromagnetik ditransmisikan dalam gelombang atau partikel gelombang dan frekuensi yang berbeda.

Apa saja yang dapat menyebabkan mutasi?

2. Mutagen Fisika Bahan-bahan fisika yang dapat menyebabkan mutasi antara lain suhu, sinar ultraviolet, sinar x, sinar gamma, partikel a dan b, neutron, dan radiasi kosmis. 3. Mutagen Biologi Bahan-bahan biologi yang dapat menyebabkan mutasi antara lain virus dan bakteri.

Mengapa mutasi buatan sangat menguntungkan?

Dipandang dari sudut manusia mutasi buatan ini sangat menguntungkan karena dapat memberikan hasil produksi yang cukup tinggi. Melalui mutasi buatan ini buah yang dihasilkan besar-besar dan tidak memiliki biji.

Apa yang dimaksud dengan mutasi gen?

Jenis-jenis mutasi gen adalah sebagai berikut : Mutasi salah arti (missens mutation), yaitu perubahan suatu kode genetik (umumnya pada posisi 1 dan 2 pada kodon) sehingga menyebabkan asam amino terkait (pada polipeptida) berubah.

Apa perbedaan mutasi nonsense dan mutasi netral?

Adanya mutasi nonsense menyebabkan polipeptida yang terbentuk tidak sempurna atau tidak lengkap sehingga tidak fungsional. Mutasi netral adalah pergantian suatu pasangan basa yang terkait terjadinya perubahan suatu kode genetika yang juga menimbulkan perubahan asam amino terkait, tetapi tidak sampai mengakibatkan perubahan fungsi protein.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector