Mengapa Roro Jonggrang Tidak Bersedia Menikah Dengan Bandung Bondowoso?

Namun, karena Bandung Bondowoso memiliki kekuatan sakti, ia dengan mudah memenuhi permintaan putri dari Prabu Baka itu. Seperti contoh, Sumur Jalatunda yang ia bangun dengan mudah dalam waktu yang singkat. Roro Jonggrang yang melihat itu kaget karena telah gagal membuat Bandung Bondowoso tidak bisa menikahinya.

Bagaimana cara Bandung Bondowoso memenuhi permintaan Roro Jonggrang?

Bandung Bondowoso pun langsung beranjak untuk memenuhi permintaan Roro Jonggrang. Ia meminta bantuan pada pasukan jin karena membangun seribu candi dalam waktu semalam adalah pekerjaan mudah bagi bangsa jin. Benar saja, dalam waktu singkat, bangunan candi mulai tampak.

Apa usaha Roro Jonggrang untuk menggagalkan niat Bandung Bondowoso?

Jawaban. Jawaban: dengan membakar jerami, membunyikan lesung, serta menaburkan bunga yang berbau semerbak mewangi.

You might be interested:  Often asked: What To See In Denpasar Bali?

Apa yang dilakukan Bandung Bondowoso terhadap Roro Jonggrang?

Bandung Bondowoso mendekati Roro Jonggrang dan hendak menjadikan permaisuri. Mendengar pertanyaan tersebut, Roro Jonggrang menolak dan menyebut Bandung Bondowoso lancang. Namun Roro Jonggrang bingung dan takut. Karena jika menolak maka Bandung Bondowoso akan marah dan membahayakan keluarga dan rakyat Prambanan.

Berkat kesaktian Bandung Bondowoso Roro Jonggrang berubah menjadi apa?

Bandung Bondowoso murka lalu Roro Jonggrang dikutuk menjadi arca yang ada di dalam candi yang keseribu.

Bagaimana sikap Bandung Bondowoso dalam cerita legenda candi Prambanan?

Jawaban. Jawaban: Sifat / watak Bandung Bondowoso : Kuat, gagah, sakti, dan sombong. Kejam.

Bandung Bondowoso membangun candi apa?

Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang merupakan kompleks percandian Hindu terbesar di Indonesia. Berdasarkan cerita rakyat yang beredar, konon Candi Prambanan dibangun oleh bangsa jin dibawah kendali Bandung Bondowoso sebagai persyaratan untuk melamar Roro Jonggrang yang cantik jelita.

Apakah Roro Jonggrang mencintai Bandung Bondowoso?

Roro jonggrang tidak sungguh-sungguh dan tidak akan pernah mencintainya. Maka dengan kesaktiannya, bandung bondowoso menjadikan roro jonggrang pelengkap arca sebagai sebuah simbol penghianatan cinta.

Apa amanat yang bisa kamu ambil dari cerita Bandung Bondowoso?

amanat dari cerita roro jonggrang adalah kita harus mentaati atau menepati semua janji yang sudah kita janjikan kepada seseorang dan tidak berbuat curang.

Siapa tokoh protagonis dalam cerita Roro Jonggrang dan bagaimana sifatnya?

Tokoh protagonis yaitu Roro Jonggrang, tokoh antagonis yaitu Bandung Bandawasa, sedangkan tokoh tritagonis yaitu Bandawasa, Bibi Emban, gadis-gadis desa. Latar tempat dalam cerita rakyat “Roro Jonggrang” adalah di daerah Jawa Tengah.

Apa yang dilakukan Bandung Bondowoso untuk membangun candi dalam waktu semalam?

Roro Jonggrang meminta untuk dibuatkan 1000 candi dalam waktu semalam saja. Tidak disangka, Bandung Bondowoso menyanggupi untuk membuatkan 1000 candi. Dengan kesaktiannya dan bantuan dari makhluk gaib dari bangsa Jin, Bandung Bondowoso hampir berhasil membangun 1000 candi sesuai permintaan Roro Jonggrang.

You might be interested:  Jelaskan Mengapa Ppn Atas Barang Kena Pajak Ekspor Dikenakan Tarif 0?

Apa kesimpulan dari cerita rakyat Roro Jonggrang?

Kesimpulan Cerita

Seperti Roro Jonggrang yang akhirnya dikutuk menjadi patung karena telah berbohong dan memancing kemarahan Bondowoso.

Bandung Bondowoso sadar bahwa apa yang dia usahakan?

Bandung Bondowoso sadar bahwa yang dia usahakan gagal. Maka dia murka dan mengutuk para dayang tadi agar jomblo seumur hidup. Roro Jonggrang sendiri dikutuk berubah jadi arca batu yang sekarang bisa dijumpai di Candi Roro Jonggrang. Sedangkan sisa candi tadi disebut candi seribu.

Siapa nama putri raja baka?

Perang Kerajaan Pengging dan Kerajaan Baka

Meski berasal dari bangsa raksasa, Prabu Baka memiliki putri yang sangat cantik bernama Roro Jonggrang. Prabu Baka berniat menyerang Kerajaan Pengging untuk memperluas wilayah kekuasaannya, hingga kemudian pecah perang antara dua kerajaan tersebut.

Apa yang dimaksud dengan cerita Roro Jonggrang?

Cerita Roro Jonggrang termasuk jenis legenda asal muasal suatu tempat, yakni Candi Prambanan. Legenda ini mengisahkan seorang gadis cantik bernama Roro Jonggrang yang memiliki kisah cinta memilukan dan penuh liku.

Siapa ayah Roro Jonggrang?

Roro Jonggrang adalah seorang putri dari Kerajaan Prambanan. Raja Prambanan, ayah Roro Jonggrang gugur dalam pertarungan melawan Bandung Bondowoso dari Kerajaan Pengging. Akibatnya, Bandung Bondowoso menguasai Kerajaan Prambanan.

Apa yang dimaksud dengan meme Roro Jonggrang?

Meme ini mengingatkan kita pada sebuah lagenda Jawa kuno, yaitu kisah percitaan yang bertepuk sebelah tangan antara Roro Jonggrang dengan pangeran Bandung Bondowoso.

Siapa tokoh utama pada bacaan berjudul Roro Jonggrang?

Tokoh utama pada bacaan berjudul Roro Jonggrang adalah Roro Jonggrang sendiri, yang merupakan putri raja Kerajaan Baka, dan Bandung Bondowoso seorang ksatria dari Kerajaan Pengging. Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso adalah tokoh dalam legenda Candi Prambanan, dimana bangunan candinya masih kokoh berdiri hingga sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector