Mengapa Letak Posisi Indonesia Dikatakan Strategis?

Karena terletak diantara dua samudra yang sangat ramai pelayarannya, ditambah dengan adanya kekayaan flora, fauna, dan sumber sumber mineral akan sangat menunjang perdagangan dan menambah sumber devisa Negara.

Mengapa secara geografis letak Indonesia bersifat strategis brainly?

Letak strategis Indonesia terbentuk karena Indonesia terletak di antara Samudra Hindia dan Samudera Pasifik serta antara benua Asia dan Australia. Akibat letak strategis ini, Indonesia dilalui jalur perdagangan dunia dan berada di lokasi perairan yang kaya sumber daya alam.

Apa keuntungan dari letak atau posisi yang strategis itu?

Posisi yang strategis ini berpengaruh pada berbagai hal, mulai dari kegiatan ekonomi, seperti jalur lintas perdagangan, kekayaan alam, seperti tanah yang subur, hingga keberagaman budaya.

Apa yang dimaksud dengan posisi strategis Indonesia?

Yang dimaksud dengan posisi strategis Indonesia sebgai poros maritim dunia adalah, Indonesia memiliki letak wilayah yang sangat strategis sehingga dapat menjadi poros (pusat) perdagangan dan pelayaran dunia.

You might be interested:  Mengapa Indonesia Menerapkan Demokrasi Liberal?

Apa yang dikatakan letak geografis?

Letak geografis adalah posisi keberadaan sebuah wilayah berdasarkan letak dan bentuknya dimuka bumi. Letak geografis biasanya di batasi dengan berbagai fitur geografi yang ada di bumi dan nama daerah yang secara langsung bersebelahan dengan daerah tersebut.

Apa keuntungan letak strategis Indonesia brainly?

1)indonesia terletak diantara 2 benua,asia dan australia.letak ini menyababkan indonesia mempunyai dua musim yaitu musim kemarau dan musim hujan.letak ini menyebabkan indonesia kaya akan kolesi flora dan fauna. 3)indonesia terletak di jalur lintas dunia, baik jalur pelayaran maupun penerbangan.

Apa keuntungan yang diperoleh Indonesia dengan memiliki letak yang strategis brainly?

Keuntungan apakah yang diperoleh dengan letak indonesia yang strategis (posisi silang) adalah: Letak strategis di jalur perdagangan membuat banyak perdagangan yang melewati Indonesia. Letak strategis di pertemuan samudera membuat banyak potensi perikanan di lautan Indonesia.

Jelaskan apa keuntungan letak geografis Indonesia?

Keuntungan letak geografis Indonesia: letak wilayah strategis (di antara 2 benua & 2 samudera) sehingga dilalui jalur pelayaran dan perdagangan dunia.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan letak geografis brainly?

​Letak geografis adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di bumi atau posisi daerah itu pada bola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain. Berdasarkan letak geografisnya, kepulauan Indonesia di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik.

Apa arti dari kata strategis?

Arti strategis sendiri adalah baik letaknya (tentang tempat). Strategis juga dapat diartikan sebagai berhubungan, bertalian, berdasar strategi. Penggunaan istilah ini juga sangatlah luas di berbagai bidang kehidupan.

Jelaskan secara singkat apa yang dimaksud posisi strategis Indonesia sebagai poros maritim di dunia?

Jawaban. Jawaban: Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang memiliki letak astronomis pada 6° LU – 11° LS dan 95° BT – 141° BT. Sehingga ketika ditarik garis diagonal pada peta, maka didapat Indonesia terletak di posisi silang dan menjadikannya sebagai poros maritim dunia.

You might be interested:  Mengapa Indonesia Disebut Megadiversity Country?

Di manakah letak geografis Indonesia?

Letak geografis Indonesia terletak diantara dua samudera dan dua benua. Dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia.

Mengapa Letak Indonesia dikatakan strategis?

Mengapa letak Indonesia dikatakan strategis karena terletak di antara dua samudra yakni Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. 3. Terletak di Jalur Lalu Lintas Dunia Indonesia terletak di jalur lalu lintas dunia, baik jalur pelayaran maupun penerbangan.

Apakah Indonesia memiliki letak strategis?

Mungkin sudah tidak asing ketika mendengar Indonesia memiliki letak strategis. Memang benar Indonesia memiliki letak yang strategis dan potensial baggi perkembangan negara ini. Secara geografis Indonesia terletak diantara dua benua yaitu Benua Australia dan Benua Asia, serta terletak di antara dua Samudra, yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Mengapa letak astronomis sangat strategis bagi Indonesia?

Letak astronomis ini sangat strategis bagi Indonesia sebab Pulau paling utara adalah pulau Weh yang dilalui 6 derajat Lintang Utara, Pulau paling selatan yaitu Pulau Roti dengan garis lintang 11 derajat lintang selatan. Selain itu garis lintang 6 derajat Lintang Utara Pulau Weh dilalui oleh garis Bujur 95 derajat Bujur Timur.

Mengapa Letak Indonesia secara astronomis dan geografis disebut sebagai negara strategis?

Dapat dikatakan bahwa dengan letak Indonesia secara astronomis dan geografis ini membuat Indonesia dikatakan sebagai negara strategis dengan banyak keuntungan dan kelebihan yang dimilikinya. Posisi ini menguntungkan bagi Indonesia dalam melakukan perdagangan internasional dengan negara lain di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector