Mengapa Kata Jakarta Menggunakan Huruf Kapital?

Penulisan nama kota ini diatur dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI) bagian Pemakaian Huruf Kapital. Dalam PUEBI, disebutkan Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi. Karena nama kota adalah salah satu nama geografi maka penulisannya diawali huruf kapital. Contoh: Jakarta, Surabaya, Bandung, Palembang, Pontianak.

Kapan menggunakan huruf kapital?

Huruf kapital bisa kamu gunakan saat huruf pertama seperti nama hari, bulan, tahun, hari raya, serta peristiwa sejarah. Contoh: tahun Hijriah, bulan Juli, hari Natal, Perang Badar, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Catatan: Huruf kapital tidak berlaku apabila terdapat peristiwa sejarah yang tidak dipakai sebagai nama.

Apa saja kata-kata yang ditulis dengan huruf kapital?

Kata-kata seperti pulau, sungai, danau, bukit, gunung, selat, teluk, dan laut ditulis dengan huruf awal kapitaljika menjadi bagian nama geografi. Di bawah ini beberapa contohnya. Salah Benar pulau Bidadari Pulau Bidadari

Apakah huruf kapital digunakan untuk julukan?

Menurut PUEBI, penggunaan huruf kapital juga digunakan untuk huruf awal julukan. Berikut aturan lengkap disertai dengan contoh. tirto.id – Penggunaan huruf kapital sesuai aturan PUEBI terdapat satu ketentuan baru yang tidak tercantum di EYD.

You might be interested:  Mengapa Kota Niniwe Tidak Dihancurkan Tuhan?

Bagaimana cara menggunakan huruf kapital dalam penulisan nama jabatan?

Pakailah huruf kapital sebagai abjad pertama dalam penulisan nama jabatan yang diikuti nama orang, nama instansi, atau nama tempat yang digunakan untuk mengganti nama orang tertentu. Contoh penggunaan: W akil P residen Adam Malik. P erdana M enteri Theresa May. P rofesor Deden Rukmana.

Mengapa harus menggunakan huruf kapital?

Huruf kapital adalah huruf besar yang dipakai sebagai unsur pertama kata pada awal kalimat dan kegunaan lainnya.

Apakah bangsa Indonesia ditulis kapital?

c) Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa.

Huruf kapital digunakan untuk menulis apa?

Huruf kapital digunakan sebagai huruf pertama unsur nama karangan baik buku, artikel, makalah, jurnal, cerpen, maupun surat kabar kecuali kata tugas (dan, oleh, atau, untuk, di, ke, dari) yang tidak terletak di awal.

Apakah penulisan pulau menggunakan huruf kapital?

Sesuai dengan kaidah pengejaan, baik nama generik maupun nama spesifik diawali dengan huruf kapital, karena keduanya membentuk nama diri. Contoh: Pulau Bali, bukan Bali; Pulau Lombok, bukan Lombok; Selat Karimata, bukan Karimata; dan Lembah Anai, bukan Anai.

Huruf kapital digunakan untuk apa saja berikan contohnya?

Huruf kapital digunakan untuk menuliskan kata penunjuk hubungan kekerabatan (bapak, ibu, kakak, adik, paman, bibi), serta kata atau ungkapan yang digunakan untuk menyapa. Contohnya: Pagi tadi Pak Lurah datang ke rumah. Aku memiliki teman yang biasa dipanggil Kutu Buku.

Huruf kapital digunakan untuk apa saja brainly?

1. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama awal kalimat. 2. Huruf kapital di pakai sebagai huruf pertama unsur nama orang, termasuk julukan. 4. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama sebagai huruf pertama setiap kata nama agama, kitab suci, dan Tuhan, termasuk sebutan dan kata ganti untuk Tuhan.

You might be interested:  Jelaskan Mengapa Gereja Disebut Katolik?

Apakah bapak menggunakan huruf kapital?

Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama kata penunjuk hubungan kekerabatan, seperti bapak, ibu, saudara, kakak, adik, dan paman, yang digunakan dalam penyapaan atau pengacuan.

Nama suku apakah huruf kapital?

Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama bangsa, suku bangsa, dan bahasa. Misalnya: bangsa Eskimo. suku Sunda.

Apakah utara menggunakan huruf kapital?

Arah mata angin tidak ditulis dengan huruf kapital, kecuali saat menjadi bagian nama. Contoh: Ia pergi ke arah timur Kalimantan Utara.

Apa yang dimaksud dengan kapital?

Arti kapital di KBBI adalah: modal (pokok) dalam perniagaan.

Apakah pulau Jawa menggunakan huruf kapital?

Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi, sebagai contoh, ‘Dia berasal dari Pulau Jawa’, sedangkan huruf pertama nama geografi yang bukan nama diri tidak ditulis dengan huruf kapital, contohnya ‘Dia menyeberangi pulau’.

Apakah harimau Sumatera ditulis dengan huruf kapital?

Pemakaian huruf kapital untuk nama geografi yang menjadi bagian nama jenis. Contoh, ‘harimau sumatera’ atau ‘harimau Sumatera’, ‘dodol garut’ atau ‘dodol Garut’, dan ‘bunga kamboja’ atau ‘bunga Kamboja’. Nama geografi yang menjadi bagian nama jenis jelas ditulis dengan huruf kecil (PUEBI 2015: 13-14).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector