Mengapa Indonesia Disebut Sebagai Negara Maritim Dan Agraris?

Mengapa Indonesia Disebut Negara Maritim Alasan singkat mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim adalah karena wiayahnya dikelilingi oleh perairan yang sangat luas, dimana wilayah lautnya lebih luas dibandingkan dengan wilayah daratan.
Negara maritim adalah negara yang berada dalam kawasan laut yang luas. Kawasan Indonesia terdiri dari 2/3 lautan, hal ini tentu menjadikan Indonesia disebut dengan negara maritim. Sedangkan agraris adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan bidang pertanian.

Mengapa negara Indonesia disebut negara maritim atau agraris?

Indonesia disebut sebagai negara maritim, karena memiliki wilayah perairan lebih luas daripada daratan. Selain itu, Indonesia punya kondisi geografis yang unik di antara negara di Asia Tenggara. Menurut sejarah Indonesia disebut sebagai negara maritim karena lokasi kepulauan menjadi jalur lalu lintas laut.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim dan agraris brainly?

Mengapa negara Indonesia disebut sebagai negara kepulauan maritim dan agraris brainly? Indonesia disebut negara maritim karena memiliki perairan yang sangat luas dibandingkan dengan daratannya. Disebut negara agraris karena rata-rata penduduknya bekerja sebagai petani.

You might be interested:  FAQ: Objek Wisata Di Bali Yang Terkenal?

Apa itu negara agraris dan negara maritim?

Istilah negara maritim dan negara agraris adalah menunjuk pada dua hal yang berbeda. Pengertian negara maritim adalah negara yang wilayah teritorialnya sebagian besar berupa lautan/perairan. Adapun pengertian dari negara agraris adalah negara yang profesi penduduknya mayoritas di bidang agraris atau pertanian.

Mengapa Indonesia disebut negara kepulauan yang berciri Nusantara?

Mengapa Indonesia disebut negara kepulauan jawabannya karena Indonesia adalah negara yang memiliki perairan yang luas. Hampir 2/3 wilayahnya merupakan lautan, antara pulau satu dengan pulau yang lain disatukan oleh laut.

Apa yang dimaksud dengan kata agraris?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), agraris memiliki tiga pengertian. Pengertian pertama adalah mengenai pertanian atau tanah pertanian. Pengertian kedua adalah mengenai pertanian atau cara hidup petani. Serta, yang ketiga adalah bersifat pertanian.

Apa yang disebut negara maritim?

Secara sederhana, negara maritim diartikan sebagai negara yang dikelilingi laut atau perairan yang luas. Negara maritim adalah suatu negara yang memiliki area laut yang lebih luas daripada daratan sebagai bagian dari wilayahnya.

Apa saja yang termasuk negara agraris?

Berikut ini adalah beberapa contoh negara agraris yang dikenal di dunia, antara lain:

  1. Indonesia.
  2. 2. Jepang.
  3. 3. Australia.
  4. 4. Thailand.
  5. Amerika Serikat.

Mengapa Indonesia dikatakan sebagai negara kepulauan brainly?

Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena Indonesia terdiri dari banyak wilayah pulau dan kepulauan.

Mengapa negara Indonesia dikatakan sebagai negara kepulauan Jika ditinjau dari aspek kewilayahan?

Mengapa Indonesia Disebut Negara Kepulauan? Dikutip dari buku Pengetahuan Sosial karya Tri Nur Hadiyati, Indonesia disebut sebagai negara kepulauan karena wilayahnya terdiri dari pulau-pulau. Tercatat, ada sekitar 17.500 pulau yang dimiliki Indonesia.

You might be interested:  Mengapa Kita Harus Bangga Menjadi Warga Indonesia?

Apa yang menyebabkan Indonesia memiliki banyak pulau?

karena posisi Indonesia berada pada zona cincin api yang merupakan pertemuan dua lempeng aktif besar dunia. hal ini membuat kondisi geologis indonesia berada pada banyaknya zona lempeng bumi yang tidak begitu stabil, sehingga banyak lipatan, patahan dan pergeseran lempeng yang terjadi.

Mengapa negara Indonesia menjadi negara maritim?

Ini adalah alasan utama yang menjadikan negara Indonesia adalah negara maritim. Melalui luas sebesar ini, tentu saja potensi kelautan di Indonesia sangat besar. 2. Memiliki posisi Geostrategis Alasan selanjutnya adalah terkait letak geografi yang srategis.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara agraris?

Mengutip dari buku Solusi Jitu Menghadapi Ulangan Ilmu Pengetahuan Sosial, Indonesia disebut sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Negara Indonesia memiliki tanah yang subur karena mendapatkan banyak sinar matahari dan curah hujannya tinggi.

Apa yang dimaksud dengan negara maritim?

Negara maritim adalah negara yang memiliki luas laut lebih besar dibandingkan dengan luas daratan. Selain sebagai negara kepulauan dan maritim, berdasarkan kondisi geografisnya, Indonesia juga merupakan negara agraris. Negara agraris adalah negara yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector