Mengapa Indonesia Disebut Negara Multikultural?

Pada dasarnya, multikulturalisme yang terbentuk di Indonesia merupakan akibat dari kondisi sosio-kultural maupun geografis yang begitu beragam dan luas. Menurut kondisi geografis, Indonesia memiliki banyak pulau di mana setiap pulau tersebut dihuni oleh sekelompok manusia yang membentuk suatu masyarakat.
Indonesia merupakan negara multikultural yang artinya memiliki beranekaragam suku, budaya dan agama. Dan agama menjadi faktor yang penting dalam kehidupan bersama di negara Indonesia. Tetapi bukan berarti negara harus menjadi negara agama. Negara adalah milik bersama dalam berbagai perbedaan agama.

Apa saja faktor masyarakat multikultural di Indonesia?

Faktor Masyarakat Multikultural di Indonesia 6.1. Faktor Sejarah Indonesia 6.2. Faktor Pengaruh Kebudayaan Asing 6.3. Faktor Geografis 6.4. Faktor fisik dan geologi 6.5. Faktor Iklim berbeda 6.6. Keanekaragaman Ras 6.7. Keanekaragaman suku bangsa dan budaya 6.8. Keanekaragaman agama dan kepercayaan 6.9. Sebarkan ini:

You might be interested:  Mengapa Jayabaya Dianggap Sebagai Raja Terbesar Dari Kediri?

Apakah Indonesia termasuk negara fmultikulturalisme?

Kekerasan yang marak terjadi, terutama yang dibalut isu SARA, menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara multikultural. Lalu, apakah Indonesia tidak termasuk negara fmultikulturalisme? Indonesia termasuk sebagai negara multikulturalisme, namun pada level tertentu.

Apa yang menyebabkan terbentuknya multikulturalisme?

Sedangkan yang kedua adalah masyarakat multikultural merupakan masyarakat yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan budaya. Faktor utama yang mendorong terbentuknya multikulturalisme adalah latar belakang ( historis ), kondisi geografis, dan keterbukaan terhadap kebudayaan luar.

Apa yang dimaksud dengan multikultural?

Sehingga masyarakat Indonesia ini dijuluki dengan masyarakat multikultural. Multikultural memiliki 2 sisi, yakni sisi posistif dan negatif. Sisi positifnya bisa mengukuhkan persatuan dan sisi negatifnya bisa menyebabkan perpecahan.

Mengapa masyarakat dikatakan multikultural?

Masyarakat multikultural adalah masyarakat yang mempunyai banyak agama, bahasa dan budaya. Mencakup beragam kelompok dengan sistem gagasan, nilai-nilai, organisasi sosial, sejarah, kebiasaan dan perilaku.

Apa artinya negara multikultural?

Multikultural adalah keberagaman budaya yang menggambarkan kesatuan berbagai kelompok sosial, kebudayaan, dan suku bangsa yang berbeda dalam suatu negara. Masyarakat Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa, budaya, dan agama. Keragaman budaya tersebut menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang multikultural.

Mengapa Indonesia disebut negara multikultural brainly?

Jawaban. Multikultural berarti beragam. Indonesia diset sebagai negara multikultural karena Indonesia memiliki beragam pulau, suku, bangsa, dan agama yang berbeda-beda.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan masyarakat multikultural brainly?

Masyarakat multikultural adalah masyarakat yg memiliki berbagai keberagaman, mulai dari keberagaman suku,budaya,ras,bahasa,dan agama.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan multikultural dan multikulturalisme?

Multi artinya banyak, sedangkan kulturalisme artinya aliran/ideologi budaya. Multikulturalisme berarti pandangan yang mengakomodasi banyak aliran atau ideology budaya.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan multikulturalisme dan berikan contohnya?

Contohnya : Indonesia yang memiliki berbagai Suku Bangsa, Agama, dan Ras merupakan contoh masyarakat multikultural. Multikulturalisme adalah suatu ideologi atau paham yang mengakui adanya perbedaan dalam kesederajatan individu maupun kelompok dalam suatu kebudayaan.

You might be interested:  FAQ: How To Get From Bali To Surabaya?

Apakah fungsi dari multikultural?

Memfasilitasi siswa bahwa semua budaya setiap etnis sama nilai antar satu dengan yang lain. Sehingga memiliki kepercayaan diri dalam berinteraksi dengan orang lain (kelompok etnis) walaupun berbeda budaya masyarakatnya.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara yang paling heterogen di dunia?

Jawaban: Indonesia juga dikatakan bangsa heterogen karena terdiri atas berbagai macam suku bangsa dengan berbagai macam agama, budaya, bahasa dan adat istiadat.

Mengapa Indonesia disebut sebagai negara?

Indonesia disebut negara maritim karena

Alasan mengapa Indonesia disebut sebagai negara maritim adalah karena wilayah perairan di Indonesia lebih luas dari daratannya. Indonesia memiliki sekitar 17.499 pulau, bergaris pantai sepanjang 81.000 km (terpanjang kedua setelah Kanada).

Apa yang dimaksud dengan masyarakat majemuk dan multikultural?

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa masyarakat majemuk adalah masyarakat multikultural yang mempunyai banyak budaya, banyak suku bangsa, banyak bahasa dan aneka ragam adat istiadat dalam suatu tatanan kesatuan sosial dan politik.

Apa saja ciri ciri masyarakat multikultural?

Ciri-ciri masyarakat multikultural yaitu:

Memiliki struktur budaya lebih dari satu. nilai2 dasar yang adalah kesepakatan bersama sulit berkembang. sering terjadi konflik2 sosial yang berbau SARA. struktur sosialnya lebih sifatnya nonkomplementer.

Apa saja karakteristik masyarakat multikultural brainly?

Sebutkan 6 karakter masyarakat multikultural

  • memiliki struktur budaya lebih dari satu.
  • nilai2 yang dasar adalah kesepakatan sulit berkembang.
  • sering terjadi konflik sosial yang berbau sara.
  • struktur sosialnya lebih sifatnya nonkomplementer.
  • proses intregasiyg terjadi langsung secara lambat.
  • 2 Faktor apa yang harus ada pada masyarakat multikultural?

    Faktor-faktor yang mempengaruhi terbentuknya masyarakat multikultural, banyak faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya sebuah masyarakat multikultural, antara lain adalah:

  • Faktor Sejarah.
  • Faktor Pengaruh Kebudayaan Asing.
  • Faktor Geografis.
  • Faktor Iklim.
  • Faktor Fisik dan Geologi.
  • Keanekaragaman Agama.
  • Keanekaragaman Ras.
  • You might be interested:  Mengapa Komunisme Merupakan Suatu Ancaman Bagi Bangsa Indonesia?

    Apa saja manfaat masyarakat multikultural?

    Manfaat dari masyarakat multikultural adalah sebagai berikut: Melalui hubungan yang harmonis antarmasyarakat, dapat digali kearifan budaya yang dimiliki oleh setiap budaya. Munculnya rasa penghargaan terhadap budaya lain sehingga muncul sikap toleransi yang merupakan syarat utama dari masyarakat multikultural.

    Apa itu masyarakat multikultural dalam sosiologi?

    Menurut Nasikun, masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari dua atau lebih dari tatanan sosial, masyarakat, atau kelompok yang secara kultural, ekonomi, dan politik dipisahkan (diisolasi), dan memiliki struktur kelembagaan dan berbeda satu sama lain.

    Apa saja faktor masyarakat multikultural di Indonesia?

    Faktor Masyarakat Multikultural di Indonesia 6.1. Faktor Sejarah Indonesia 6.2. Faktor Pengaruh Kebudayaan Asing 6.3. Faktor Geografis 6.4. Faktor fisik dan geologi 6.5. Faktor Iklim berbeda 6.6. Keanekaragaman Ras 6.7. Keanekaragaman suku bangsa dan budaya 6.8. Keanekaragaman agama dan kepercayaan 6.9. Sebarkan ini:

    Apa yang menyebabkan terbentuknya multikulturalisme?

    Sedangkan yang kedua adalah masyarakat multikultural merupakan masyarakat yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan budaya. Faktor utama yang mendorong terbentuknya multikulturalisme adalah latar belakang ( historis ), kondisi geografis, dan keterbukaan terhadap kebudayaan luar.

    Apa yang dimaksud dengan masyarakat multikultural?

    Pertama, menurut Furnival masyarakat multikultural adalah masyarakat yang terdiri dari dua kelompok atau lebih secara kultural dan ekonomi terpisah-pisah serta memiliki struktur kelembagaan yang berbeda satu sama lain. Sedangkan yang kedua adalah masyarakat multikultural merupakan masyarakat yang terdiri dari berbagai macam suku bangsa dan budaya.

    Apa itu multikulturalisme?

    Hal ini menandakan bahwa rakyat Indonesia telah memiliki kesadaran cukup tinggi akan semangat multikulturalisme. Multikulturalisme berasal dari dua kata, yaitu multi (banyak/beragam) dan kultural (budaya atau kebudayaan), yang secara etimologi dapat berarti keberagaman budaya.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Adblock
    detector