Mengapa Indonesia Diapit Oleh Dua Benua Dan Dua Samudra?

Letak Indonesia yang diapit oleh dua benua dan samudra berpengaruh terhadap datangnya angin laut. Hal itu berdampak pada curah hujan dan membuat Indonesia beriklim tropis. Di Indonesia, angin berembus dua kali sepanjang tahun, sehingga hal tersebut menjadikan negara ini mempunyai dua cuaca, yaitu hujan dan kemarau.

Mengapa Indonesia diapit dua benua dan samudra?

Indonesia yang terletak di antara dua benua dan dua samudra memungkinkan menjadi persimpangan lalu lintas dunia, baik lalu lintas udara maupun laut. Indonesia sebagai titik persilangan kegiatan perekonomian dunia, antara perdagangan negara-negara industri dan negara-negara yang sedang berkembang.

Bagaimana kondisi musim di Indonesia yang diapit oleh dua samudra?

Letak geografis wilayah Indonesia yang diapit oleh dua samudera memiliki dampak pada iklim Indonesia. Pembagian iklim Indonesia menjadi 2 yakni musim kemarau dan musim penghujan dipengaruhi oleh letak geografis negara Indonesia di antara dua samudera ini.

You might be interested:  FAQ: Raja Jawa Timur Yang Berasal Dari Bali?

Sebagai negara yang diapit oleh dua samudra dan dua benua Indonesia menjadi wilayah yang sangat strategis apa konsekuensinya?

Sebagai negara yang diapit oleh dua samudra dan dua benua, Indonesia menjadi wilayah yang sangat strategis dalam lalu lintas internasional baik itu di darat ataupun di laut, karena letaknya yang strategis menjadikan arus perdagangan internasional menjadi lancar.

Indonesia termasuk samudra apa?

Indonesia terletak di antara dua samudera yang besar yaitu Samudra Hindia pada sisi barat dan Samudra Pasifik pada bagian timur Indonesia.

Apa dampak yang ditimbulkan dari letak geografis Indonesia?

Kondisi geografis Indonesia yang dipengaruhi letak geografisnya memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Yaitu dengan munculnya keanekaragaman mata pencaharian, pola-pola pemukiman, tradisi, adat istiadat, budaya, dan aspek kehidupan sosial lainnya.

Mengapa letak geografis Indonesia yang berada diantara benua Asia dan benua Australia telah mempengaruhi keadaan musim di wilayah Indonesia?

Jawaban: Karena Indonesia dilalui oleh angin muson barat yang bergerak dari Asia ke Australia dan angin muson timur yang bergerak dari Australia ke Asia. Penjelasan: Letak geografis Indonesia diapit oleh dua benua dan dua samudera menyebabkan Indonesia dilalui oleh angin muson barat dan angin muson timur.

Apa itu angin muson timur?

2. Angin Muson Timur

Angin muson timur adalah angin yang berhembus dari Australia. Angin ini menuju arah Asia melalui Indonesia. Angin muson timur ini terjadi pada periode April – Oktober. Maka pada periode ini, Indonesia akan mengalami musim kemarau.

Mengapa letak geografis mempengaruhi musim hujan di Indonesia?

Dari bulan November hingga Maret, angin bertiup dari arah Barat Laut. Angin ini membawa banyak uap air dan hujan di kawasan Indonesia sehingga menyebabkan Indonesia mengalami musim hujan.

You might be interested:  Mengapa Merkantilisme Dapat Berkembang Pesat Di Eropa?

Bagaimana pengaruh letak geografis Indonesia terhadap kondisi iklim di Indonesia?

Letak geografis Indonesia mengakibatkan adanya iklim musim, yang terdiri atas angin muson barat dan timur. Angin muson barat membawa musim hujan bertiup pada Oktober-April, sedangkan muson timur mengindikasikan sebaliknya.

Apa keuntungan dari letak geografis?

Posisi yang strategis ini berpengaruh pada berbagai hal, mulai dari kegiatan ekonomi, seperti jalur lintas perdagangan, kekayaan alam, seperti tanah yang subur, hingga keberagaman budaya.

Apa nama benua dan samudra yang mengapit negara Indonesia sehingga letaknya menjadi strategis?

Indonesia terletak di antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia serta dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Dengan demikian, Indonesia berada di persilangan dunia atau world cross position. Sehingga tidak diragukan lagi jika Indonesia menjadi pusat jalur lalu lintas dunia.

Apa yang membuat Indonesia strategis menjadi jalur perdagangan?

Indonesia merupakan salah satu negara yang mengembangkan sayap dalam dunia perdagangan baik dalam negri maupun luar negri. Secara geografis letak indonesia sangat strategis karena berada diantara dua samudra dan dua benua serta terletak dijalur perdagangan internasional.

Apakah Indonesia termasuk Samudra Pasifik?

Bahkan, Indonesia terletak pada kawasan yang strategis. Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia terletak di antara dua samudra yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasifik serta dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia.

Apakah samudra Atlantik mengelilingi Indonesia?

Jawaban pendek: Samudra yang mengelilingi wilayah indonesia adalah samudera Hindia dan samudera Pasifik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector