Mengapa Di Bulan Kita Tidak Dapat Mendengar Bunyi Guntur?

Jawaban: Karena bunyi hanya dapat berpindah atau bergerak dengan perantara. sedangkan diluar angkasa tidak ada perantara antara bulan dan bumi. kan di luar angkasa hampa udara.

Mengapa di luar angkasa atau di bulan tidak dapat terdengar suara?

Ketidakmungkinan suara untuk dapat didengar oleh telinga manusia di luar angkasa disebabkan oleh tidak adanya media bagi suara untuk bisa merambat. Dengan kata lain, tidak ada partikel elementer yang bisa merambatkan getaran yang dihasilkan oleh sumber bunyi di ruang hampa udara.

You might be interested:  Mengapa Komunisme Merupakan Suatu Ancaman Bagi Bangsa Indonesia?

Apa penyebab terjadinya guntur dan petir?

Karena guntur memiliki frekuensi yang cukup tinggi sehingga dapat didengar dari jarak yang lumayan jauh.

Mengapa kita tidak bisa mendengar di ruang hampa udara?

Bunyi tidak dapat merambat melalui vakum (hampa udara). Pasalnya, bunyi adalah salah satu jenis gelombag mekanik sehingga perlu medium dalam perambatannya. Sehingga, bunyi tidak dapat merambat melalui udara hampa, seperti di luar angkasa.

Mengapa kita dapat mendengar bunyi guntur pada saat hujan?

Salah satu benda gas adalah udara. Bunyi dapat melalui udara, seperti bunyi guntur yang sering kita dengar pada saat hujan. Ketika terjadi guntur, tekanan udara berubah, yaitu naik turun. Perubahan tekanan ini terus berpindah melalui tumbukan bagian- bagian kecil molekul udara.

Apakah di luar angkasa tidak terdapat bunyi?

Jawaban. Jawaban: Kita tidak dapat mendengar bunyi di ruang hampa karena di ruang hampa tidak ada medium rambat untuk menghantarkan gelombang bunyi dari sumber bunyi ke telinga kita.

Apakah seorang astronot yang berada di bulan bisa mendengar bunyi?

karena di bulan merupakan ruang yang hampa dan tidak adnya udara. bunyi merambat melalui media udara. kalu di bulan tidak terdapat udara maka bunyi tersebut tidak dapat sampai dan tidak dapat merambat. sehingga di bulan astronot tidak dapat mendengarkan bunyi.

Dari mana asal suara guntur?

Guruh, dastek, guntur, atau geledek adalah kata yang digunakan untuk mendeskripsikan gelombang kejut suara yang dihasilkan akibat terjadinya pemanasan dan pemuaian udara yang sangat cepat ketika dilewati oleh sambaran petir.

Dari mana asal suara petir?

Merujuk Encyclopaedia Britannica, petir terjadi ketika muatan positif energilis dan negatif dalam awan bergerak terus-menerus hingga memisahkan diri. Biasanya, terdapat muatan positif yang besar di bagian atas awan. Muatan negatif yang besar di bagian tengah. Adapun muatan positif yang kecil di bagian bawah.

You might be interested:  Question: How Many Times Does Bali Fit Into Australia?

Petir itu terbuat dari apa?

Dia mengatakan, petir terbentuk dari awan Comonolimbous. Di dalam awan tersebut, terdapat partikel bermuatan positif (+) dan negatif (-). Partikel yang positif tersebut berkumpul di atas, dan negatif berkumpul di bawah. Kemudian saling bergesekan, sehingga jika energinya cukup maka akan dilepaskan dalam bentuk petir.

Apakah kita dapat mendengar bunyi di ruang hampa?

Kita tidak dapat mendengar bunyi di ruang hampa karena disebabkan oleh tidak adanya medium pada ruang tersebut (hampa). Dalam fisika, bunyi termasuk ke dalam jenis gelombang mekanik, di mana dalam perambatannya mensyaratkan adanya medium. Medium perambatan bunyi terdiri dari zat padat, cair, dan gas.

Mengapa kita tidak bisa mendengar suara ultrasonik kelelawar?

Karena frekuenzi suara ultrasonik yang dikeluarkan kelelawar lebih dari 20000 Hz, sedangkan manusia hanya bisa mendengar bunyi yang frekuenzinya antara 20 Hz sampai dengan 20000 Hz.

Saat menyelam di kolam renang kita dapat mendengar suara teman yang berada di atas hal ini membuktikan bahwa gelombang bunyi dapat merambat melalui benda apa?

Bila kita menyelam dan bisa mendengar suara teman yang berada di atas, artinya bunyi bisa merambat melalui zat cair. Bila bunyi tidak bisa merambat dalam air, kita tidak akan bisa mendengar suara di atas kita. Hal ini membuktikan bahwa gelombang bunyi dapat merambat melalui benda cair.

Mengapa pada saat terjadi petir kilat terlihat terlebih dahulu daripada suara guntur brainly?

Karena Petir atau kilat merupakan gelombang cahaya sementara Guntur adalah gelombang bunyi. Keduanya tidak muncul bersamaan karena laju kecepatan gelombang cahaya jauh lebih tinggi ketimbang laju kecepatan gelombang bunyi. Adapun laju perambatan gelombang cahaya (petir) adalah 300 juta meter per detiknya.

You might be interested:  Mengapa Kita Dilarang Membawa Makanan Ke Dalam Kolam?

Suara guntur merambat melalui apa?

Suara guntur merambat melalui udara Bunyi pantul yg terdengar setelah bunyi asli adalah gema Bunyi merambat melalui medium. Entah itu medium padat atau melalui udara.

Apa itu petir dalam Islam?

JAKARTA, iNews.id – Petir dalam Alquran merupakan tanda kebesaran Allah SWT. Petir yang terjadi sebelum maupun saat hujan deras juga memberikan manfaat, harapan serta ketakutan. Dalam Alquran, fenomena petir itu disebutkan dalam Surat Al Baqarah dan Surat Ar Ra’d.

Mengapa kita tidak bisa mendengarkan bunyi atau suara di luar angkasa misalnya di bulan Kalau begitu bagaimana cara astronot berkomunikasi di luar angkasa?

Suara di Ruang Angkasa

Nah, karena di sana tidak ada udara, kita tidak bisa mendengar suara. Suara merupakan getaran di udara. Kalau tidak ada udara yang merambatkan getaran, maka suaranya tidak terdengar. Para astronaut tentu bisa bercakap-cakap dengan leluasa di dalam pesawat antariksa.

Mengapa astronot di luar angkasa tidak mendengarkan suara selain menggunakan radio?

Karena di bulan tidak ada udara yang bisa berfungsi sebagai medium menghantar getaran suara yang dikeluarkan dari pita suara di tenggorokan orang lain maupun sumber suara lainnya ke gendang telinga kita.

Mengapa di luar angkasa sangat sunyi?

Penjelasan: Di luar angkasa merupakan ruang yang hampa udara, dan suara tidak bisa merambat di ruang hampa udara. Hal ini dikarenakan suara memerlukan udara supaya dapat dihantarkan.

Mengapa astronot di angkasa tidak dapat mendengar bunyi jika tidak menggunakan alat bantu komunikasi?

Jawaban. karena suara memerlukan medium Untuk merambat. Contohnya udara di luar angkasa tidak terdapat udara, Maka memerlukan alat Khusus sebagai medium perambat suara tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector