Mengapa Dalam Musyawarah Seseorang Bebas Untuk Mengutarakan Pendapatnya?

Dalam bermusyawarah, seseorang bebas dan berani dalam mengutarakan pendapat walaupun pendapatnya berbeda dari orang lain dan belum tentu diterima, hal ini harus dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman dan masalah baru yang menimbulkan kesenjangan sosial bagi setiap orang. Musyawarah mufakat sangat dibutuhkan dalam mengambil suatu keputusan.

Apa tujuan dari musyawarah?

Musyawarah tersebut memiliki tujuan untuk dapat mencapai mufakat atau juga persetujuan. Pada dasarnya prinsip dari musyawaraht ini adalah bagian dari demokrasi. Sehingga sampai saat ini sering dikaitkan dengan dunia politik demokrasi.

Mengapa musyawarah harus mengangkat tangan?

Mengangkat tangan ketika akan menyampaikan pendapatnya. Peserta musyawarah haruslah mengangkat tangan ketika akan menyampaikan pendapatnya. Bila hal ini tidak dilakukan dan langsung berbicara maka suasana musyawarah akan menjadi gaduh dikarenakan banyak peserta yang berbicara. Singkat dan jelas.

Mengapa perundingan disebut musyawarah?

Perundingan itu jua disebut musyawarah, karena masing-masing orang yang berunding dimintai atau diharapkan mengeluarkan atau mengemukakan pendapatnya tentang suatu masalah yang di bicarakan dalam perundingan itu.

Mengapa ada musyawarah?

Di sisi lain, musyawarah ada karena adanya kepentingan bersama di antara pihak-pihak yang tergabung di dalam musyawarah. Maka dari itu, nilai kebersamaan akan sangat ditegakkan di dalam musyawarah. Musyawarah juga dapat menjadi sarana bersatunya orang-orang atau pihak-pihak yang terlibat.

Apa tujuan dari musyawarah?

Mendapatkan Kesepakatan Bersama atau Mufakat Tujuan kedua dari adanya musyawarah ialah untuk mendapatkan kesepakatan bersama atas suatu hal. Kesepakatan bersama ini biasa dikenal dengan istilah mufakat. Musyawarah dikatakan berhasil ketika mufakat telah tercapai. Namun, ada kalanya mufakat tidak dapat tercapai.

You might be interested:  Mengapa Bendera Semaphore Berwarna Merah Dan Kuning Jelaskan Menurut Pendapatmu?

Mengapa musyawarah dapat menyatukan pendapat yang berbeda?

Dapat menyatukan pendapat yang berbeda Dengan adanya musyawarah Ini yang memiliki keindahan dari bermusyawarah. Pendapat-pendapat yang berbeda akan dikumpulkan dan ditelaah secara bersama-sama baik dan buruknya, sehingga diakhir musyawarah akan terpilih satu atau lebih dari sekian pendapat berbeda tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Adblock
detector